Penguatan Radio Komunitas Sebagai Media KIE KKBPK

Batam,Kepualauan Riau – Dalam Dinamika pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga, (KKBPK) dari waktu ke waktu terus begerak sesuai dengan tantangan yang terjadi. BKKBN mencoba mengembangan jaringan dengan radio komuninas sebagai salah satu media yang bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat di lini bawah dengan karakter spesifik sesuai dengan kondisi masyarakat.

BKKBN telah melakukan kerjasama dengan Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) dalm hal mensosiaslisasikan program KKBPK. Karena sebagai implemtasi kerjasama tersebut, salah satu bentuk mkegiatanya adalah melakukan kegiatan pengutaan JRKI dalam mensosialisasikan program KKBPK.

Kerjasama ini dilakukan mengingat BKKBN mempunyai misi mewujudkan pembangunan yang berwawasan kependudukan dan mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera. JRKI mempunyai komunitas yang kuat di seluruh pelosok-pelosok Indonesia yang bisa menjadi jembatan komunikasi program-program BKKBN. Karena masih banyak masyarakat pelosok Indonesia yang menggunakan radio dibandingkan media audio visual. JRKI memberikan konstribusi pemikiran dan gagasan baik serta dukungan komunikasi. Oleh sebab itu JRKI adalah media yang tepat untuk mewujudkan misi BKKBN itu.

Kerja sama antara BKKBN Pusat ( Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional) dengan JRKI ( Jaringan radio Komunitas yang sudah berjalan di tahun kedua ini emnunjukan banyak manfaat,dan bisa di katakana radio komunitas menjadi mitra ujung tombak BKKBN untuk sosialisasi program-program KIE BKKBN.

Kegiatan evaluasi dan penguatan kamasitas radio komunitas terhadap program BKKBN ini di adakan kembali untuk region Sumatera,9-11 Oktober 2014 di Batam Center ,Kepualauan Riau. Kegiatan yang di adakan oleh BKKBN pusat ini mengusung tema Temu Region BKKBN Penguatan Radio Komunitas Sebagai Media KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) dalam Program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga).

Berlokasikan di Hotel Harmonie One Batam Center selama 3 hari ini tidak hanya di hadiri perwakilan JRK Wilayah region Sumatera dan beberapa radio komunitas di wilayah pulau sumateran dan kepuluan akan tetapi di hadiri juga beberapa perwakilan KIE BKKBN Provinsi dari beberapa wilayah Indonesia ujung timur sampai barat, serta Babinsa ( Bintara Pembina Masyarakat ) dari kesatuan TNI ( Tentara Nasional Indonesia) dari berbagai wilayah sumatera,dikarenakan Babinsa ini juga ikut berkerja sama dalam proses sosialisasi BKKBn yang langsung kemsyarakat.

Tujuan umum acara ini adalah untuk optimalisasi Peran Radio Komunitas yang memiliki karakter gotong-royong sebagai Media KIE program KKBPK kepada masyarakat sebagai bentuk implementasi dari kerjasama BKKBN dengan JRKI. Serta tujuan khusus Meningkatkan peran serta Radio Komunitas dalam mensosialisasikan program KKB, Meningkatkan frekwensi siaran Radio Komunitas soal program KKB, Mengembangkan materi siaran Radio Komunitas menyangkut program KKB,serta memperkuat jalinan kerjasama antar JRK Wilayah dan radio Komunitas dengan KIE BKKBN provinsi masing-masing serta ikut serta melibatkan Babinsa dalam program sosialisasi BKKBPK melalui radio komunitas.

Dalam sesi acara menghadirkan beberapa narasumber dari BKKBN Pusat,BKKBN Provinsi,Babinsa,KPID Kepualauan Riau serta dari JRKI sendiri,dimana banyak memaparkan materi guna memperkuat tujuan kegiatan tersebut.

Bayu Sapta Nugraha. jrki.or.id